Pengertian pasar dan pemasaran
·         Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi ada penjual dan pembeli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli pada waktu dan tempat tertentu 
·         Pemasaran merupakan proses penyusunan komunikasi  terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa demi memuaskan kebutukan dan keinginan manusia. 
Jenis jenis pasar 
·         Pasar dibagi atas 2 jenis yaitu pasar nyata dan pasar tidak nyata atau (abstarak ) dan dibawah ini adalah penjelasanya : 
Ø  Pasar nyata         : pasar dimana  barang yang akan dibeli diperjualbelikan dapat oleh dibeli oleh pembelinya . Contohnya : pasar tradisional dan pasar swalayan. 
Ø  Pasar tidak nyata atau (abstrak)                                : pasar yang dimana para pedagang dan pembeli tidak bertemu secara langsung melainkan dengan cara surat dagangnya saja . contoh : online , pasar saham, pasar modal, dan pasar valuta asing. 
Konsep konsep inti pemasaran
·         Konsep inti pemasarn dibagi atas 7 , yaitu kebutuhan , keinginan,permintaan , produk, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, dan mutu . dibawah ini penjelasanya ;
Ø  Kebutuhan 
Konsep dasar ayng melandasi kebutuhan adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu sendiri adalah pernyataan dan adanya rasa kehilangan dan mempunyai rasa yang kompleks. 
Ø  Keinginan 
Keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan kebutuhan  yang spesifik.
Ø  Permintaan 
 Permintaan bermula dari keinginan manusia itu sendri yang akhirnya menciptakan permintaan akan produk produk jasa dengan manfaat yang memuaskan. 
Ø  Produk
Dengan adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan perusahaan berusah untuk mempelajari dan meneliti , meriset dan mengamati prilaku konsumen , menganalisis keluhan dan kekurangan konsumen  dan mencari jawaban produk atau jasa yang cocok dan sesuai untuk konsumen itu sendiri. 
Ø  Nilai pelanggan 
Nilai pelanggan merupakan selisih antara nilai total yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dengan biaya total yangb menyertai produk tersebut. 
Ø  Kepuasan pelanggan 
Kepuasan pelanggan berpengaruh pada anggapan kinerja produk tersebut. Bila kinerja atau prestasi sesuai apa yang diharapkan konsupen maka pembelinya meraa puas.
Ø  Mutu
Kepuasan pelanggan sangat berkaitan dengan mutu. Yang saat ini sering disebut dengan tqm ( total quality manajemen) yaitu program untuk memperbaiki produk.
Manajemen pemasaran
·         Manajemen pemasaran adalah penganalisisan , perencanaan , pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuann untuk mencapai perusaan 
Bauran pemasaran
·         Bauran pemasaran menurpan kolompok kiat pemasaran yang digunakan perusahann yang mencapai untuk mencapai sasaran pemasaranya dalam pasaran yang dituju/tepat sasaran 
Tujuan sisitem pemasaran
·         Tujuan sistem pemasran dibagi atas 4 yaitu ;
Ø  Mengoptimalkan konsumsi
Ø  Mengoptimalkan  utilitas atau kepuasan konsumsi
Ø  Mengoptimalkan pilihan
Ø  Mengoptimalkan motivasi hidup (kualitas,kuantitas,ketersediaan, harga dan lingkungan)
Pendekatan dalam mempelajari pemasaran 
·         Pendekatan serba fungsi dikaitkan dengan pembelian pengangkutan, penjualan, penanggung resiko, standarnisasi dan grading dan pengumpulan informasi pasar
·         Pendekatan serba lembaga dilihat dari lembafa atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran
·         Pendekatan serba barang yaitu bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
·         Pendekatan serba manajemen dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil. 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar