Rabu, 16 Oktober 2013

Sejarah BLACKBERRY

Tulisan softskill “SEJARAH BLACKBERRY”
Bahasa Indonesia
Nama : Dinara Inargea
Npm : 22211147
Kelas : 3EB25


KATA PENGANTAR

                Segala puji hanya milik ALLAH SWT, Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar sehingga dapat menyelesaikan penulisan Tugas softskill ini untuk memenuhi dalam bidang penilaian mata kuliah bahasa Indonesia.
                Mungkin dalam penyusunan tugas softskill ini masih terdapat banyak kekurangan yang tidak saya sadari. Untuk itu saya mohon maaf. untuk itu saya memohon maaf atas segala kekurangan yang ada. dan mengharap kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sebagai penyempurnaan untuk kedepanya.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Bekasi, oktober 2013
Penyusun


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
RIM atau (Research In Motion) bermula sejak tahun 1985 yang didirikan oleh Mike Lazaridis. Rim mengalami beberapa perkembangan dan dimulai sejak tahun 2012 Di tahun ini RIM merilis beberapa ponsel dan beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.

1.2. Rumusan Masalah
Seperti yang telah dijelaskan pada latar belakang, maka penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut
1)  Blackberry
2)  sejarah blackberry
3)  kelemahan dan kelebihan blackberry
4)  keadaan blackberry saat ini

1.3.Tujuan
Tujuan dari tugas sofskill bahasa Indonesia ini diantaranya membahas mengenai sejarah dari blackberry, kelemahan dan kelebihan blackberry, keadaan blackbeery sampai pada saat ini dan kesimpulanya. Serta agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti apa yang dibahas oleh penulis.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 “Deskripsi”
BLACKBERRY OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.
Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, sebuah subset dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan [[BlackBerry Enterprise Server].] Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.
Pembaruan sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator nirkabel yang mendukung BlackBerry atas memuat perangkat lunak udara (OTASL) layanan.
Pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan BlackBerry yang tersedia API kelas, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus digital ditandatangani.


2.2 Sejarah BLACKBERRY
Dimulai pada tahun 1985
Pada tahun 1985 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer.

Kemudian pada tahun 1989 RIM menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.

Pada tahun 1992 Jim Balsille bergabung dengan RIM. RIM mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader, Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan editor dan pemotong negatif Hollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam menjadi 20 menit.

Pada tahun 1994 RIM meluncurkan pembaca kartu point of sale, yang memverifikasi transaksi debit dan kredit langsung dari bank.

Pada tahun 1995 RIM membangun modem radio sendiri untuk email.

Pada tahun 1997 RIM terdaftar di Bursa Efek Toronto dan mengalami peningkatan lebih dari $ 115.000.000

Pada tahun 1999 RIM meluncurkan layanan email Blackberry, perangkat nirkabel pertama untuk sinkronisasi dengan sistem email perusahaan.

Pada tahun 2000 RIM mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld ini memiliki memory 16Mb flash memory.

Pada tahun 2001 Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS.

Pada tahun 2002 RIM menambahkan panggilan suara ke Blackberry. Tahun 2002 adalah tahun yang penting bagi RIM. Di tahun ini RIM merilis berikut ini beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.

1. BlackBerry 5810
Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio

2. BlackBerry 6510.
Dibekali dengan fitur walkie-talkie

3. BlackBerry 6750.
Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.

4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.

Dan kemudian ditahun 2003 dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230 (Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730 juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device pertama RIM dengan Tri Band GSM.

Pada tahun 2004 RIM berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 1 juta di seluruh dunia. Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama dengan speakerphone yang mensupport Nextel’s Walkie-Talkie.


Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device CDMA BlackBerry.

Kemudian ditahun 2006 RIM kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express yang dapat diunduh gratis.

Pada tahun 2007 Apple meluncurkan iPhone pertama. RIM mencapai 10 juta pelanggan.

Kemudian pada tahun 2008 RIM meluncurkan Blackberry Storm touchscreen pertama. Tahun ini pulalah BlackBerry berada pada puncak kejayaannya. Nilai saham BlackBerry mencapai puncaknya pada 19 Juni yakni US$ 149.9 per lembarnya.

Pada tahun 2010 RIM membeli QNX Software System.

Pada tahun 2011 RIM meluncurkan Playbook. Pada tahun ini pula perusahaan asal Kanada tersebut menyatakan ingin memangkas dari 10 persen tenaga kerjanya.

Pada tahun 2012 Lazaridis dan Balsillie mundur sebagai eksekutif co -chief dan ketua . Thorstein Heins ditunjuk sebagai CEO dan Barbara Stymiest ketua dewan . Heins menjanjikan perbaikan, ia mengatakan RIM tidak akan lagi mengeluarkan prakiraan keuangan. RIM menyewa bankir untuk membantu kajian strategis.

Pada tahun ini 28 Juni 2013 Saham BlackBerry jatuh 25 persen setelah perusahaan menerima laporan kalau penjualan BlackBerry 10 mengecewakan. Hari sebelumnya perusahaan mengatakan layanan BBM dapat diaplikasikan dalam perangkat Apple dan Android.

Pada 3 Sep 2013 Microsoft membeli bisnis ponsel Nokia dan lisensi paten untuk lebih dari US$ 7 miliar.

Pada 20 September 2013 BlackBerry memperingatkan kerugian curam dan mengatakan akan memotong lebih dari sepertiga tenaga kerjanya.

Pada 23 September 2013 Perusahaan mengumumkan telah menyetujui rencana pembelian senilai US$ 4,7 miliar oleh konsorsium investor. Nilai sahamnya sekitar US$ 8.8 per lembar.
               
2.3 Perbedaan blackberry dengan yang lain
Perangkat Blackberry adalah device yang sama dengan hanphone lain yang mempunyai fasilitas telepon dan sms. Tetapi perangkat BlackBerry sendiri yang membedakannya adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry  merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).
BlackBerry hanyalah seperti handphone biasa jika tidak mengaktifkan layanan servis BlackBerry.  Namun jika layanan servis BlackBerry diaktifkan dapat menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email. Sebenarnya handphone lain juga dapat beremail ria, via GPRS/3G/HSDPA, namun bedanya dengan BlackBerry adalah perangkat lain tidak dapat melakukan cek e-mail secara automatis tetapi secara manual, tetapi BlackBerry dapat mengakses email masuk,mengirim e-mail,menghapus e-mail dll seperti menerima,mengirim dan menghapus sms biasa. Email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita atau istilah lainnya menggunakan teknologi PUSH. Perbedaan lainnya adalah blackberry dapat mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala ekstrim), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 Kb (1 Megabyte) maka email yang anda baca di inbox blackberry anda hanya bersize 10Kb. Dengan blackberry device bandwidth koneksi sangat irit sekali.

2.4 Kelebihan dan kekurangan blackberry
sytem full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data-data penting

  •  Ketika mengganti unit blackberry baru, cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dari 3rd party software (yang compatible) akan tercopy dengan mudah ke dalam perangkat blackberry baru.
  •  Fungsi Autotext,  cukup dengan menentukan keyword lalu mengasosiasikannya dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut
  •  Fungsi Search sangat membantu untuk mencari informasi ataupun data yang tersimpan baik di dalam perangkat BlackBerry maupun yang ada di jaringan internet.
  • Profile pada blackberry sangat fleksibel. Untuk setiap account email,  sms, mms, phone, facebook dan lainnya dapat diatur ringtone/vibrate dan led sign yang berbeda-beda.
  • Fitur speed dial pada blackberry qwerty sebanyak pilihan a-z, dikurangi default key akan sangat membantu dalam melakukan panggilan secara cepat.


Kekurangan blackberry
Features
  • Belum mendukung conference call.
  • Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.
  •   Fungsi rekaman native (voice recorder) memiliki kualitas rekaman yang  kurang memuaskan dan hanya mampu merekam 10 menit serta dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb)..
  •   pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

Software
  •  Seluruh aplikasi pihak ketiga terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
  • Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.


Email
  • Sinkronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita.
  • Ukuran file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb


Browser
  • Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.




2.5 BLACKBERRY saat ini

BlackBerry diprediksi mencapai US$ 950 juta hingga US$ 995 juta. Kerugian operasional ini disebabkan tak lakunya perangkat yang berbasis sistem operasi terbaru BlackBerry 10. Secara khusus, Wall Street Journal menyebut perangkat yang menjadi beban itu adalah Z10.
                Perusahaan yang dulu bernama Research in Motion ini juga hanya menjual 3,7 juta smartphone di kuartal terakhir. Sebagian besar yang terjual malah produk lawas. Untuk menambal kerugian, BlackBerry akan fokus ke pasar untuk perangkat bisnis atau enterprise. BlackBerry bahkan mempertimbangkan untuk melepas bisnis perangkat untuk pasar konsumen.
                Dengan hadirnya BBM untuk Android dan iOS, nasib perangkat BlackBerry memang semakin dipertanyakan. Selama ini banyak yang mempertahankan perangkat BlackBerry dengan alasan komunikasi yang lebih efektif via BBM. Setelah BBM tak lagi eksklusif di BlackBerry, tentu tak ada lagi alasan untuk memiliki BlackBerry.
 Ide untuk melepas BBM menjadi aplikasi lintas platform sebenarnya sudah muncul sejak lama. The Verge menyebut ide ini sudah didesak oleh eks Co-CEO Jim Balsillie sebelum mundur di Januari 2012. Lalu mengapa baru sekarang?
                Menurut Jan Dawson, Kepala Analis Telekomunikasi di Ovum, setelah melihat penggunanya semakin turun, BlackBerry mulai 'ikhlas' untuk melepas BBM. "Kalau mereka menunggu terlalu lama, maka itu (BBM) tak lagi punya nilai," ucap Dawson, dilansir dari The Verge.
                Seperti dilansir dari Reuters, beberapa waktu lalu seorang sumber mengatakan para peminat BlackBerry tak mau membeli perusahaan secara keseluruhan. Bisa jadi penjualan akan dilakukan dengan memecah perusahaan. Hanya beberapa unit bisnis yang masih memiliki peminat, ini termasuk produksi perangkat. Ada juga yang berminat terhadap sistem operasi BlackBerry dan paten terkait keyboard fisik.
                Jika BlackBerry menjual unit bisnis perangkat, tentu nasibnya sama seperti Nokia yang dibeli Microsoft. Seperti Nokia, bisa jadi tak ada lagi smartphone yang dirilis dalam brand BlackBerry.
                Meski bisnis perangkat diramalkan akan segera 'kiamat', bukan berarti nasib BlackBerry akan habis. Dilansir Wall Street Journal, BlackBerry Messenger dipertimbangkan akan jadi unit bisnis terpisah dan akan menjadi perusahaan baru bernama BBM Inc. Sejumlah eksekutif BlackBerry juga dikabarkan sudah ditempatkan di tim BBM Inc.
                Sayangnya BlackBerry belum memberikan konfirmasi mengenai BBM Inc. Dengan demikian masa depan perusahaan hanya bisa diprediksi, tanpa diketahui kepastiannya untuk saat ini.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Smartphone BlackBerry merupakan smartphone yang cukup potensial untuk bersaing dalam perkembangan teknologi saat ini. Smartphone ini dilengkapi fitur-fitur yang cukup menarik, dimulai dari Blackberry Messenger yang merupakan icon dari smartphone tersebut, hingga media sosial lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone saat ini.

Kelebihan Blackbery Messenger dibandingkan media chatting lainnya ialah tingkat privasi yang lebih baik karena untuk saling berteman dalam media chatting tersebut, para penggunannya harus memiliki personal identification number (pin) dan juga kelebihan lainnya ialah konfirmasi atas telah terkirimnya pesan yang kita kirim.

Seiring perkembangan teknologi smartphone lainnya, yaitu dari operating system android dan iOS, tersiarlah kabar akan bergabungnya BlackBerry dengan operating system android tersebut. Menurut saya, hal tersebut tidaklah terlalu baik, karena bagaimanapun juga BlackBerry Messenger sudah menjadi suatu icon dari BlackBerry, masyarakat umumnya telah mengidentikkan BlackBerry dengan BlackBerry Mesenger nya, sehingga apabila Blackberry Mesenger jadi bergabung dengan android, maka tidak akan ada lagi keekslusifan dari para pengguna Blackberry, bagaimanapun juga ini bukan hanya masalah bisnis, namun lebih pada masalah berkurangya kepercayaan publik nantinya terhadap smartphone Blackberry tersebut

Sumber :

http://forum.kompas.com/
http://keuanganinvestasi.blogspot.com/
http://tekno.liputan6.com/
http://permathic.blogspot.com/

1 komentar:

  1. bolavita

    Agen Bolavita - Sportbook - Casino - Togel - SabungAyam - Poker - Bola Tangkas
    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com

    BalasHapus